Sekilas info tapi panjang :D

Seperti pada postinganku sebelumnya, musikku berawal dari aku masih kecil sampai sekarang tentunya. Entah itu talenta atau hanya sekedar suka, tapi aku slalu ngerasa kalo ‘ini lho aku’ tiap kali yang berhubungan dengan musik. Untuk itu sebagai peminat musik, kita juga harus bisa lebih ngerti akan musik, nggak cuma tahu kalo oh ini musik tapi harus oalah ternyata begini toh musik. (haha tapi ekspresinya juga terserah anda sajo)
Nggak cuma harus ngerti, tapi juga harus bisa mengamalkan kemengertian itu, haha kayak pancasila aja harus diamalkan.
Loh harus itu! Mengamalkannya bisa dengan membagitahukan tentang musik pada peminat lainnya or bisa juga dalam bentuk dapat memainkan musik, baik vokal, instrumental or campuran keduanya.
Yang pertama kali aku pelajari (sejak kecil) musik vokal. Ya karena alatnya cuma pita suara kita aja. Tapi karena kesadaranku, aku jadi nggak terlalu ingin jadi seorang penyanyi or vokalis. Kenapa? Ya karena aku sadar kalo suaraku ehem ... ya nggak begitu wah lah.
Lah repot juga kalo semua orang Indonesia terutama pingin jadi penyanyi. Yang biasa-biasa aja pasti kesaing sama suaranya yang bener-bener emas. Tapi faktanya, penyanyi-penyanyi yang justru emas banget suaranya malah kegeser posisi oleh penyanyi yang bersuara standar bahkan ehemm ... (ora ilok bro). Ya namanya juga jaman teknologi. Apa sih yang nggak bisa? Mencuri hatimu ... (eaa tambah nggombal).

http://www.youtube.com/watch?v=YA2bXCfl6xs , liat dari youtube aja yaa ..


Tapi bener, jadi kita kesulitan membedakan mana yang wah dan yang huuu. Ah nggak juga, sok tahu nih. Ya maap deh, terkadang memang sulit membedakan tapi kesulitan yang sesungguhnya adalah menemukan orang yang memiliki bakat emas tersebut. Karena banyak dari mereka cenderung hide behind the world. Nggak salah kalo ada istilah ‘padi semakin berisi semakin merunduk’.

            Dulu waktu aku masih TK, waktu masih sering nyetel lagu anak-anak, tiap kali udah mulai nomer ke-16,  nyanyi bawain lagu TOPI SAYA BUNDAR, yang namanya tv itu tak timpukin sama bantal dan barang-barang empuk yang tidak berbahaya lainnya. Hahaha gara-gara saking sebelnya liat video tuh anak yang nyanyi, suaranya nggak enak en make-upnya tebel buanget pake baju tutul-tutul sambil megangin topi dan nggak luput dari gayanya yang megal-megol nyebelin abis. Hahahahaha xD just the past.


            Beranjak SD, aku mulai tertarik sama alat musik pencet macam keyboard gitu. Alhamdulillah kelas 3 itu pas ada rezeki langsung diajak liat keyboard di tokonya pastinya. Waktu itu aku langsung ngelirik keyboard-keyboard yang waduh buat keyboardistlah handallah. Tapi kata penjualnya, ” gimana kalau yang ini aja dek, yang itu agak sulit buat yang baru belajar. Nanti kalo udah jago baru beli yang ini.” Ya sudahlah.

            Hmm ... tapi sekarang aku udah mulai ngerasa emang butuh keyboard yang yaa begitulah, tapi yang ada dipikiranku, kalo beli lagi trus yang ini mau dibawa ke mana? Padahal ini yang pertama ngajarin semuanya, masak tiba-tiba dilupakan? Berat bro meninggalkan sesuatu yang selama ini ada buat kita. Ya sebetulnya bukan yang pertama sih.Yang sebelum-sebelumnya itu keyboard mainan. Padahal aku mainnya penuh dengan perasaan, cinta, kasih sayang, jiwa membara yang membakar .... (Halah lebay) tapi keyboardnya pada rusak semua (nyanyi ceritanya). Piye toh?! Wah bahaya tangan-tangan ini. Hahaha, ya cuma Angelet (nama keyboard-ku) yang paling awet.

            Beranjak kelas 5, aku jadi pingin banget bisa main gitar. Waktu itu masbro juga ngajak n pingin belajar juga. Sayang banget nggak kesampeyan n masbro pun udah sekolah di SMA Solo . Pas kelas 7 pun, liat temen ada yang bisa main, juga jadi iri. Penyakit hati tuh. Liburan hari raya ke Solo, ketemu masbro yang udah kelas 12. Kaget banget ternyata dia udah jadi gitaris (melodi). Haduh, keduluan ternyata aku. Balik ke Sidoarjo, makin bulat banget tekad buat belajar. Aku pun juga terus mendesak ayah agar mau diajak beli gitar. Hahaha, setelah beberapa kali aku memasang muka melas, suatu hari tepatnya sabtu malam minggu, waktu itu pulang les, ”Wes, ajaken anakmu beli.”, mother. Cuma hehehe waktu itu ekspresiku. ”Wes, ndang budal! Ditunggu ayah itu lho. Sido opo ora.”, mother. Lekas ambil celengan, kemudian diutek-utek lah istilahnya. ”Hehe, Smlekum ..”


            Muter-muter Sidoarjo, akhirnya berhenti di toko Olah Raga yang saat itu jual gitar. Iya nyari gampangan aja. Daripada harus repot-repot ke Mall, lagian di sana juga paling murah mungkin Rp 500.000 sedangkan aku cuma bawa Rp 150.000 waktu itu. Ya kalo kurang kan bisa minjem duit ayah dulu(hehe). Ntar kapan-kapan diganti. Kebetulan waktu itu di toko cuma ada 2 gitar (oh men so melas sekali). Yang satu modelnya tuh puter-puterannya yang buat senar jejer, coraknya api tapi warna biru. Nah ini yang aku lirik, dan harganya pun Rp 130.000. Untuk orang yang ’pokoknya punya pokoknya bisa’ kayak aku, gak terlalu memusingkan bahannya gimana, senarnya bagus dll. Apalagi aku juga waktu itu gak ngerti sama sekali. Tapi ayah malah pilih yang satu lagi, yang model puter-puterannya dibuat 3 kanan 3 kiri, bercorak batik dan harganya Rp 150.000 pas. Alhasil gatau kenapa aku akhirnya milih pilihan ayah. Sekalian ayah juga minta buat di-stem-in.

Tapi yang jual ternyata gak bisa nyetem juga. Duh sempet bingung, kalo gak ada yang nyetem gimana belajar gitarnya? Terlintas *oh iya aku gimana belajarnya, belajar sama siapa?!*. Oh iya beli buku belajar gitar aja, kan bisa juga.

”Sekalian ada tasnya pak? Sama tasnya juga.”, ayah.

”Totalnya Rp 180.000, gitarnya 150.000, bukunya 5.000, tasnya 25.000.”

”Yah, ini 150 sisanya ayah aja ya hehe ..”, kataku.

“Nggak usah, ini aja.”, katanya sambil menyulurkan uangnya.

            Aku langsung naruh uangnya di kantong jaket ayah. Terima kasih sama-sama dan bla..bla..bla.. perjalanan pulang cuma mesam-mesem gak jelas di motor.

Nyampe di rumah, tanpa buang-buang waktu langsung tuh buku aku buka. Karena gak mau basa-basi sama halaman pertama, aku langsung aja terjun (wih .. haha bukan terjun beneran) ke halaman Chord. Nyetem gitar bagi pemula kayak aku itu bener-bener perjuangan. Nggak pake basa-basi baca, aku langsung liat.
pertama kali aku pake rekorder buat bantu stem
not umum yang biasa digunakan untuk menyetem gitar
          

            Abis nyetem gitar, aku lagsung buka halaman Accord gitar. Ternyata pas aku baca, ada masalah, yaitu aku nggak mudeng apa maksudnya. Akhirnya aku mutusin buat baca mulai dari halaman pertama. Di situ dijelasin tanda, not, dll.
Semua sudah terbagi dalam bab-nya



Tanda -tanda yang biasa kita temui



















Kita juga harus tahu chord dasar lagu beserta chord penghubungnya. Misal kalo lagunya bondan Ya Sudahlah, kalo aselinya dari kunci A pasti lanjut ke E. Tapi kalo kita mau menurunkan nadanya, misalnya dari kunci C maka chord selanjutnya pasti G, dst.
Ada panduan men-stem gitar ; dengan instrumen lain atau bis
 juga dengan pendengaran
Nah, abis tahu info about tanda dlsb,
baru deh kita lanjut ke how to learn-nya,



















Aku jadi tahu maksud yang tadi aku baca di halaman Accord gitar. Emang kalo pingin bisa itu ada prosesnya bro. Dengan sabarnya aku coba buat memperdalam maksud istilah, kata, dll dari buku itu. Alhamdulillah, sekarang aku juga udah mulai sedikit bisa dari buku itu.

             Yang perlu kita tempel di otak kalau misalnya kita ingin lebih dari sekarang, kita harus belajar lebih lagi. Untuk memperluas wawasan, aku juga baca-baca buku lain baik buku tentang musik sampai yang nggak ada hubungannya sama sekali dengan musik.

            Tapi secara nggak sadar, ternyata bisa bikin balance. Sesuatu yang kadang nggak sebegitu terkutip di halaman buku musik, ternyata penting juga untuk kita tahu karena bisa meningkatkan kualitas musik kita.

            Nah, karena sekarang itu zaman canggih, zamannya teknologi, bagus banget buat belajar sesuatu karena hampir seluruh informasi itu pasti ada, terutama pasti INTERNET.

Thanks banget spesial dari hatiku yang paling dalam buat Youtube, karena aku bisa banyak belajar dari situ. Kita bisa manfaatin youtube untuk latian gitar, piano, drum, vokal, bahkan instrumen lainnya, oh nggak bahkan bisa hal yang lainnya seperti belajar bela diri, dll. Back to the topic blog, (haha back to the laptop)
Di youtube ada video teknik-teknik gitar loh.
- SWEET CHILD O’ MINE -



wow keren banget kan? Aku juga masih belajar lagu ini, hehe solo abis reff keduanya agak susah buat beginner or amatiran kayak aku. Tapi SEMANGKA, semangat terus kaka, pasti bisa deh. CAYOO!!


Kita juga bisa belajar dari melihat video teknik bermain gitar oleh gitaris/musisi yang pernah memegang rekor dunia. Salah satunya seperti Joe Satriani dan Steve Vai.
-WHISPERING A PRAYER/STEVE VAI- 
sementara ini liat http://www.youtube.com/watch?v=KEiaZaIvBUM aja yaa .. loading uploadnya luaamaa


Steve Vai ini lahir di New York, 5 Juni 1960. nggak cuma bisa main gitar or instrumen band pada umumnya, tapi juga bisa main instrumen lain seperti akordion, seorang penulis lagu en produser. Genre yang dimainkan mulai dari blues, jazz, rock sampai klasik dan ethnic music. Beliau juga pernah dapet gelar gitaris nomer 1 di dunia, tahun berapa ya? 2010 mungkin, lupa! Emang bener-bener musisi sejati nih. BTW sekarang ini, Steve Vai lebih fokus pada instrumen gitar n bandnya yang sekarang bertambahkan seorang bassist yang sudah tidak asing lagi di tahun 80-an, Billy Sheehan. 

Tapi baru-baru ini, aku lebih tertarik buat belajar drum. Apalagi mengingat dari dulu emang suka kelotekan di mana-mana. Sampe-sampe berani tampil bawa galon waktu SD dulu. Kalo sekarang aku belajar drum itu dari game di mall kayak timezone, amazone gitu. Kan asik tuh. Ada yang sekedar gendang, ada yang set drum. Kalo gendang, lumayan lah, bisa dibanggakan dengan banyaknya istilahnya combo gitulah. Kalo yang kayak drum itu agak sulit. Tapi ada 3 pilihan tingkatannya kok. Basic, standar/medium n ekstrem. Ada juga pilihan lagu berdasarkan tingkat kesulitannya. Tapi aku belum begitu yakin buat njajal lagu tingkat 20-an dengan pilihan ekstrem. Wow gila banget deh! Ya kalo tingkat 20-an paling ya berani ambil basic or standar dan paling-paling juga dapet ranking B. Dapet A itu lumayan susah, soalnya harus perfect gak ada bagian yang nggak kena pukul.
Tapi waktu aku megang drum beneran, beda loh sama drum yang di game-game itu. Selain karena itu beneran, gak ada panduannya juga harus mukul yang mana ini. BTW karena ujian Seni Budaya, aku jadi buka buku seni budaya. Eh ternyata ada lo partitur-partitur buat drum dan instrumen lain juga. Seru banget kalo begini caranya.

Yaudah sekian dulu cerita panjang x lebar = luas dari saya. Tunggu kisah selanjutnya. Terima kasih dan sampai jumpa

            Wassalam ...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Musikalisasi Puisi ???

oh Marsinah

MUSIK GUE