SMA atau SMK ???

Lulus dari SMP/MTs mau masuk mana yaa?? SMA/MA atau SMK/MAK ??
Pertanyaan itu sebenarnya sudah biasa kita dengar apalagi di kalangan pelajar SMP/MTs khususnya untuk kelas III atau IX. Oh itu sih pasti!
Karena ini merupakan pilihan untuk menuju masa depan. Keinginan atau asa kita di masa depan berawal dari sini. Untuk itu kita juga harus berusaha meraih asa itu agar tidak hanya menjadi angan-angan belaka.
            BTW, dalam kondisi seperti ini apalagi bagi pelajar saat ini biasanya pelajar juga mendapat tekanan tersendiri. Mulai dari karena saran dan perintah orang tua, keinginan yang keras, serta belum lagi kegalauan pelajar akan perolehan hasil nilai ujiannya. Karena kita juga harus lihat hasil dan kemampuan kita juga, kawan. Tapi, pesan aja, jangan terlalu dipikir keras-keras. Takutnya bukannya seneng udah masuk sekolah pilihan malah jadi stress, frustasi n ntar ujung-ujungnya juga begitu.
            Nah, aku ada sedikit info nih mengenai hal ini … Semoga berguna buat kalian yang masih bingung mengambil keputusan ..

Sekolah Menengah Atas (SMA) /  Madrasah Aliyah (MA)
            Sekolah lanjutan ini merupakan sekolah menengah umum. Kalau kamu pengin lanjut ke pendidikan yang lebih tinggi lagi alias perguruan tinggi, kamu bisa pilih sekolah ini.
Di kelas I atau X, pelajaran atau pendidikan yang diberikan masih umum. Namun, mulai kelas II atau XI, kamu akan dikelompokkan dalam beberapa program yang terpisah sesuai dengan nilai akademis di kelas X.
            Program yang terbagi yaitu ; Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Sastra/Bahasa dan Agama* (jika memilih MA). Di sekolah menegah ini, juga masih sama dengan tingkat sekolah sebelumnya (SMP/Mts), terdapat kegiatan intra sekolah seperti ekstrakulikuler, pramuka, dll.
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) / Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK)
            Sekolah lanjutan ini merupakan sekolah menengah yang sifatnya sudah khusus dan lebih mengutamakan kebisaan kerja pelajar daripada kebisaan teorinya. Buat yang ingin kerja setelah lulus, SMK/MAK adalah pilihan yang tepat. Di sini siswa akan diajarkan dan dilatih untuk siap memasuki lapangan kerja. Tapi lulusan SMK/MAK juga jangan khawatir jika ingin melanjutkan ke perguruan tinggi. Kita juga bisa lanjut ke perguruan tinggi kalau kita ingin menambah wawasan.  Berikut ini program studi keahliannya :
Bidang Studi
Program Studi
Teknologi dan Rekayasa
Teknik Otomotif, Teknik Mesin, Teknik ketenagalistrikan, Teknik Bangunan, Teknik Elektronika, Teknik Plambing dan Sanitasi, Teknik Survey dan Pemetaan, Teknik Pendingin dan Tata Udara, Teknologi Pesawat Udara, Teknologi Perkapalan, Teknologi Tekstil, Teknik Grafika, Geologi dan Pertambangan, Instrumen Industri, Teknik Kima, Pelayaran, Teknik Industri, Teknik Perminyakan.
Teknologi Informasi dan Komunikasi
Teknik Komputer dan Informatika, Teknik Telekomunikasi, dan Teknik Broadcasting
Kesehatan
Kesehatan dan Perawata Sosial
Seni, Kerajinan, dan Pariwisata
Tata Boga, Tata Kecantikan, Tata Busana, Pariwisata, Seni Rupa, Desain dan Produksi Kria, dan Seni Pertunjukkan.
Agribisnis dan Agroteknologi
Agribisnis Produksi Tanaman, Agribisnis Produksi Ternak, Agribinis Produksi Sumberdaya Perairan, Mekanisme Pertanian, Agribitis Hasil Pertanian, Penyuluhan Pertanian, dan Kehutanan.
Bisnis dan Manajemen
Keuangan, Tata Niaga, dan Administrasi.
 Dikutip dari buku detik-detik terbitan 2011/2012
Oh ya, ada juga tipsnya loh,
1.      Tentukan dulu tujuan setelah lulus dari SMP/Mts. Jika ingin lanjut ke perguruan tinggi, pilih SMA/MA. Jika ingin langsung kerja, pilih SMK/MK
2.      Jangan memilih sekolah sekedar ikut-ikut teman
3.      Bekali diri dengan wawasan dan persiapkan jika ada sekolah yang menyaratkan nilai akademis tertentu.
4.      Lihat kemampuan diri sendiri. Jangan terlalu memaksakan diri.
5.      Konsultasi dengan orang tua di rumah maupun di sekolah.
6.      Lihat kemampuan ekonomi orang tua untuk memastikan keberlanjutkan pendidikanmu.
7.      Dasari dengan angan-angan atau cita-cita yang ingin kamu raih dan semata-mata ingin membahagiakan orang tua kita.
Nah, itu tadi sekedar info mengenai sekolah menengah lanjutan. Untuk informasi lebih lengkapnya silakan caritahu tentang sekolah yang kita hendaki.
Hmmm ….. Jadi, sudah jelas mau masuk mana, atau masih bingung?? Kalo masih bingung, banyak-banyak berdo’a sama yang Maha Kuasa aja deh, biar nanti diberi kemudahan … Ya nggak gan?!
            Oke, apapu pilihannya semoga itu yang terbaik buat kita.
Sekian dulu yaa … Tunggu postingan berikutnya …

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Musikalisasi Puisi ???

oh Marsinah

MUSIK GUE