MUSIK GUE

             Awal mula musik ada di kehidupanku, hmm ... wah gatau juga ding. Mungkin udah sejak kecil. Haha masih inget nih, dari umur mungkin se-TK-anlah, musik udah pekat banget. Di umur segitu dulu aku seneng banget sama musik india. Karena alirannya yang dung ting tung ting dung itu (hahaha J) gampang banget dicerna.


Selain khasnya yang pasti pakai nari ala-ala Syahrukan itu,
musik india juga hampir mirip sama dangdut yang aseli dua kelinci dari Indonesia. Tapi kalo diperhatiin lebih jelih en lebih dirasain juga, musik india dan musik dangdut itu beda, kawan. Dari unsur instrumen, dangdut lebih sederhana dan pas banget. Seperti menggunakan gendang, ketipung, dll yang sejenis (oh pasti itu) namun juga terkadang menggunakan set drum juga. Ada juga keyboard, bass, gitar dlsb. Gak lupa pasti khas penyanyi or vokalisnya yang kalo nyanyi udah ketahuan pasti nyanyi dangdut. Sangat simpel tapi mantaab (dijamin). Gak ada yang bisa nahan joget deh kalo denger musik dangdut, pasti kaki or jempol yang bawaannya pingin goyang aja.

            Di umur ya se-SD-anlah, aku jadi seneng banget sama musik jepang. Genre-nya asik banget cuy terutama rege. Tapi all musik dari jepang asik aja buatku khususnya. Gimana nggak coba? Musiknya yang kalo didengerin itu bikin badan kita gak bisa diem. Sekalipun lagunya galau tapi alirannya juga tetep bisa bikin gak bisa diem. Apalagi khas musik dari jepang itu yaa musisinya yang HIPERAKTIF kalo bawain lagunya, tapi seru banget.
            "FLOW - ANSWER"

            Di usia SMP, aku sangat menyukai musik western alias musik orang bule yang identik nggak jauh-jauh dengan Rock contohnya Welcome to the Black Parade – My Chemical Romance. Gatau yaa... ndeso! Enak aja gue tahu yaw, ya kalo gitu NDESOnya buat yang gatau hehehe peace (^_^)V. Tapi western banyak genre-nya bung. Buanyak banget. Ada Metal yang identik dengan Rrrawrrrr banget lah. Banyak band ternama yang single-nya beraliran metal. Contohnya As I am – Dream Theater tapi metalnya udah metal turunan (hahaha kayak fisika aja besaran pokok besaran turunan). Ada juga jazz kayak I’m Yoursnya Jason Mraz, punk American Idiot - Greenday, pop ya tahukan , blues n turunannya R&B (Rhytem & Blues), alternative, dan buanyak lagi yang gak bisa aku sebutin satu-satu karena saking banyaknya dan aku juga nggak tahu sisanya (hehe).
"THE OWL - FIREFLIES"
           
            Nah sekarang lagi musim-musimnya K-pop yang khas banget akan boyband or girlband. Sebenarnya musik K-pop itu masih belum luput dari pengaruh J-pop yang berkembang di korea pada masanya. Ada sejarahnya itu, hehe karena lupa, kapan-kapan aja aku tulis. Sebenarnya boyband or girlband juga bukan berasal dari korea. Nama boyband/girlband juga sudah ada sebelum mulai nge-topnya boyband/girlband di Korea yang akhirnya mulai meluas ke mata dunia termasuk Indonesia. Liat tuh banyak boyband or girlband kan sekarang?! Tapi sedikitnya dari mereka emang bener-bener berkualitas en gak kalah dengan boyband/girlband luar. Intinya gak semua boyband/girlband INDONESIA itu jempol.

            Walaupun begitu sebagai orang INDONESIA tulen, aku juga tetep suka lagu-lagu aseli cap dan MADE IN INDONESIA. Group, solo or Band Indonesia juga gak kalah keren dari produk luar. Contohnya PETERPAN-band, meski pun udah bubar, karya-karyanya merupakan produk yang Best keseluruhan dan masih diakui masyarakat. Aku juga (masih) sahabat peterpan sampai sekarang. Ada juga solo seperti Agnes Monica, Anggun, dan masih banyak lagi yang go internasional. Yang pasti dangdut gak bisa lepas dari kehidupan. Tapi musik Indonesia kan gak cuma dangdut. For example (woss gaya) kayak campursari, keroncong, “Bengawaaan Solooo … Riwayatmuuu iniiii ..” selain khas lembutnya keroncong, musiknya yang bikin hati adem hidup tentrem. Mulai dari musik instrumennya, lembut lagunya, iramanya  juga.. Urip adem tenaan.

Musik di dunia itu emang beragam bro. Mulai dari khas-nya, maksud-nya, genre-nya dan yang pasti minat musik masing-masing. Musik itu memang merupakan jiwa dan pernyataan isi hati manusia yang diungkapan dalam bentuk bunyi yang memiliki harmoni yang indah. MUSIK ITU SENI. Kalo ibarat seni rupa, MUSIK ITU WARNA.

            -MUSIC IS THE COLOUR OF LIFE-

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Musikalisasi Puisi ???

oh Marsinah