Musikalisasi Puisi ???

            Apaan tuh? Haha sebenernya aku juga bingung. Coba cari tahu di mbah google tapi hasilnya kurang memuaskan. Mungkin aku salah masukin kata kunci, makanya jadi gak karuan yang muncul. Sempet nengok youtube, banyak juga yang menampilkan pertunjukkan mereka saat sedang memusikalisasi puisi.
            Tapi kok ... kayaknya aku kenal nada itu. Oh itu lagu, cuma liriknya aja yang diganti. Makin bingung aku. Itu yang namanya musikalisasi puisi? Perasaan itu namanya aransmen lagu deh?
Dipenghujung kebingunganku, terdengar alunan lagu ”Berita Kepada Kawan” milik Ebiet G. Ade.
Perjalanan ini terasa sangat menyedihkan
Sayang engkau tak duduk di sampingku kawan
Banyak cerita yang mestinya kau saksikan
Di tanah kering bebatuan ...
”Bu, lagu ini kok kayak puisi?”
”Emang puisi.”, jawab ibuku.
”Puisi kok ada nadanya?”
”Itu puisi yang dilagukan.”
”Emang boleh?”
”Loh, lagu yang bagus itu asalnya dari puisi. Jadi enak didengerinnya.”
Mengingat kata-kata ibuku waktu aku masih kecil, aku jadi ngerti sekarang. Musikalisasi puisi itu emang nggak beda jauh sama aransmen lagu. Tapi tetap ada bedanya lho... Bedanya,
            Kalo musikalisasi puisi itu sebuah puisi yang kita beri nada pada tiap syairnya. Jadi puisinya dulu yang udah ada, baru mencarikan nada yang selaras.
            Kalo aransmen lagu itu nada yang kita sesuaikan dengan syair baru / lirik. Jadi nadanya dulu yang udah ada, baru cari kata yang pas untuk syair atau liriknya.Aransmen lagu yang aku bicarakan itu mengenai lirik lagunya bukan musik pengiringnya. Soalnya, Aransmen sendiri bisa dikatakan MEMPERBARUI.

           Sedikit cerita nih. Kemarin waktu aku diberi tugas tentang membawakan musikalisasi puisi di depan kelas, per kelompok. Kelompokku bisa dibilang paling nggak niat. Bahkan tugas udah berminggu-minggu, juga belum buat. Ya soalnya waktu itu banyak rapat guru, jadi sering jam kosong.
           Alhasil 3 dari 6 kelompok udah pada tampil. Sekarang, kelompokku yang ditunggu-tunggu. Hahaha, sebelum kelompok ke tiga selesai tampil, kelompokku langsung ngebut bikin. Nggak sampe 10 menit udah, tapi itu udah nggak mikirin syairnya nyambung atau enggak. Yang penting jadi wes.
Saat itu aku nyari chordnya dulu. Aku ambil dari chord D. Hahahaha, ketinggian rupanya. Uratnya sampe pada mengkerut nyanyi itu. Tapi kaget aja, ternyata waktu itu penampilan kelompokku yang paling bagus. Alhamdulillah deh.>>CEK DIS OT<<
            Karena aku nggak punya video penampilan kelompokku pas maju ke depan, cuma ini saja ya.
 (maaf kalau kurang bagus)
Nada : sempurna (Andra & the back bone)


Mentari t’lah bersinar
Indah terang menyinari langkahku
Hadirkan senyumku
Ciptakan semangat untukku ..
           
Di setiap masaku
Hadir bayangmu terbangkan anganku
Kau membuatku s'lalu
Hidup dalam dunia baru ...

            Kau hadir dengan harapan baru
            Hiasi hariku dengan cintamu
            Ku berikan segalanya padamu

(Reff)
Ini tanda cintaku …
Ini tanda kasihku …
Hanyalah kepadamu, ku b’rikan harapku
Oh sayangku, impianku,
Cintamu …

Komentar

Postingan populer dari blog ini

oh Marsinah

MUSIK GUE