Panjang jari tentukan kecerdasan !!



            Tahu nggak,


wow ternyata kita bisa mengetahui kecerdasan seseorang melalui panjang jari tangan loh. Menurut Mark Brosnan, peneliti dari Universitas Bath, kecerdasan seseorang dapat dilihat dari perbandingan panjang jari manis dan jari telunjuk loh.  Seseorang yang memiliki jari manis lebih panjang daripada jari telunjuk cenderung memiliki kemampuan matematika yang lebih tinggi daripada kemampuan verbal dan bahasa. Sebaliknya, jika jari telunjuk lebih panjang daripada jari telunjuk, (eh bingung dong.. jari manis maksudnya hehe) cenderung memiliki kemampuan verbal seperti menulis dan membaca yang lebih baik dibandingkan matematika. Panjang jari-jari tangan merefleksikan perkembangan bagian-bagian di otak.

            Panjang jari-jari tangan manusia berbeda pada umumnya. Hal ini disebabkan oleh kadar hormon testosterone dan esterogen di dalam rahim ibu saat mengandung bayi. Kadar hormon testosteron yang tinggi diyakini mendukung perkembangan otak yang berhubungan dengan kemampuan matematika dan pandang ruang, hormon yang juga menyebabkan jari manis lebih panjang.Sedangkan hormon esterogen mendorong efek pada bagian otak yang berhubungan dengan kemampuan verbal,  hormon yang mendukung pertumbuhan jari telunjuk.
            Untuk menguji hal ini, Brosnan membandingkan hasil tes beberapa siswa dengan meminta cap jari setiap siswa sebelumnya kemudian diukur menggunakan jangka sorong. Setelah selesai, hasil tes siswa laki-laki dan perempuan dipisahkan. Hasilnya tinggi paparan esterogen pada siswa menunjukkan kemampuan bahasa dan verbalnya, begitu juga dengan paparan testosteron yang  menunjukkan kemampuan matematisnya. “Rasio panjang jari memberitahu kita gambaran mengenai kemampuan personal yang berhubungan dengan daya berfikir,” Brosnan.

Saya kutip dari buku paket Matematika SMK, program keahlian teknik, kesehatan dan pertanian

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Musikalisasi Puisi ???

oh Marsinah

MUSIK GUE