No!!! Nervous


Pernah nggak sih gemeteran, tangan dingin, sakit perut, dan lain sebagainya ketika kita akan maju ke depan kelas, naik ke atas panggung ???

Wew, bukan pernah lagi… Malahan sering…
Memang gerorgi itu sendiri adalah penyebab kita kurang percaya diri akan kemampuan kita sendiri. Kita yang takut salah mengucap, salah tingkah, takut lupa, dan ketakutan-ketakutan lain yang bisa menurunkan semangat dan PD kita.
            Seharusnya, pikiran-pikiran negative seperti itu tidak perlu terlalu ditanggapi. Biasanya pikiran-pikiran tersebut muncul dalam benak kita, ketika kita tidak siap menghadapi sesuatu.
Tips-tips dari saya untuk memperkecil kemungkinan nervous (gerogi)
1.    Latihan sebelum kegiatan akan berlangsung
Berlatih yang akan kita lakukan, akan menambah kesiapan kita. Jadi rasa takut salah setidaknya akan hilang.

2.    Berhitung
Yang satu ini saya kutip dari film Tinker Bell, wow.. menghitung angka 1-10 memang bisa membantu kita untuk kembali tenang.

3.    Atur pernafasan
Ini umum bagi sebagian orang memang. Tarik nafas lalu simpan dalam dada, tahan 5 detik lalu hembuskan perlahan lewat mulut. Ingat! Perlahan loh ya..

4.    Minum air putih
Ini berdasarkan pengalaman pribadi saya. Saat gerogi, kita berkeringat dan membuang sebagian energi. Bisa juga sampai mulut dan tenggorokan kering. Jadi minum dulu sana… J

5.    Mengerakkan-gerakkan jari kelingking dengan ibu jari
Yang ini saya dapat dari guru saya waktu SD dulu. Menempel-nempelkan jari kelingking dengan ibu jari dan menggerakkannya sampai 20x. Kalau masih bingung, bisa dikomen nanti ya… JJJ

6.    Berdoa
Nah, yang terakhir ini… Wess, pasti joss deh! Dijamin deh bakal manjur…
Yah begitulah sedikit tips tapi panjang lebar penjelasan dari saya :D
Nanti kalau ada tips lain, wow don’t worry pasti posting deh.. oke <

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Musikalisasi Puisi ???

oh Marsinah

MUSIK GUE